Kamis, 18 April 2013

Cara Menjinakkan Musang

Dear Musang Lover's disini saya akan memberikan tips dan trik untuk menjinakkan musang. artikel ini saya ambil dari Musang Lover yang ada di Facebook, semoga dapat membantu teman-teman semua.


A. Post By Mohican Boim Reptiles #UNTUK MUSBUL?MUSANG BULAN DEWASA YG SAYA JINAKAN 3TH UP -+#

makasi ms ted:0..trik ntips sebenarnya semua org bisa melakukannya dan mempunyai cra yg berbeda juga kok buat mnjinakan:)..yg pasti musbul yg sya gendong dpt liar,dan galak banget(besi kandang sampe bengkok2)..beberapa cara yg saya pakai:



1.memandikannay,ngasi makan dgn tangan,..memandikan seminggu pertama hampir setiap hari 1-2x..sikat pakai sikat wc,karena kalau dgn tangan tdk mungkin:)..

2.ngasih makan,pepaya irisan kecil2 banyak(biar waktu interaksi lama),jadi usahakn setiap ngasi pepayanya dia memandang kita,n itu rutin sehari2-4x......

3.lakukan terus menerus handfeed dan memandikan,stelah itu ngasi makan,trus usap bagian kepala(pintu kndang terbuka),lakukan terus selama beberapahari..no gloves!..alasanya glove kdang membuat trauma hewan....

4.setelah hal itu dilakukan dlm wktu seminggu-kurang,barutambahkan mengelus bagian leher kebelakang,lakukan terus saat memerikan mkan....

5.handfeed pancing dia keluar kandang,atau kaki depan diluar kandang...lakukan terus sampai dia mau,pancing makanan,lakukan berulang beberapa hari.(kandang dekatkan dgn kramaian/yg dilewati org,bila bisa anggota kluarga ngasi makan juga)..

6.AJAK NGOMONG,SAYANGI DIA:)angap aja pacar,teman,n pets ksayangan..sambil ngasih makan.panggil nama/kasi nama buat pets kalian..

7.baru keluarin dr kandang pelan,sabar pebuh kehati2an n kasih sayang,ngasih makan juga ya dlm kondisi ini..bila mau pakai gloves sambil di elus diluar kandang,pegang buntut n angkat JANGAN KE PUNDAK ATO POSISI DI GENDONG!TIDAK DISARANKAN..ANGKAT TURUNIN LG BIAR DIA MERASA NYAMAN N TIDAK KAGET,TRIK INI DILAKUKAN TERUS selama bbrapa hari...



setelah itu,baru insting ato kitanya bisa menilai sendiri apakah musang kita bisa untuk di handle/diangkat di gendong di ajak jalan dll,karna dlm beberapa minggu/waktu kita n musang bisa mengenali karakternya..menjinakan juga trgntung karakter dan CARA KITA MENJINAKAN:)..kesabaran,wktu dan ketelatenan,niat itu juga dibutuhkan dlm handling n taming musang:)..semua langkah yg sy lakukan juga melalui proses yg tdk instant,ats bantuan dan masukan teman2 mli,dan pngalaman pribadi juga berperan serta dlm mnjinakan>>wassalam:) semoga membantu...sya hanya shareing,karna ilmu itu harus dibagi secara ikhlas:)



B. Post by Ray Animale

musang remaja yah....proses pertama yang paling aman memberikan makan hingga stabil dan terbiasa dulu dalam beberapa minggu, proses ke 2 : menggunting kuku yang tajam, hati2 jangan sampai kena pembuluh darahnya yang berwarna merah di kuku, proses ke-3 : dengan pemotongan gigi2 taringnya, bisa di lakukan ke dokter hewan/ ahli musang profesional. proses ke-4 : pegang ekor musang dgn tangan kiri tangan kanan pakai glove kulit pegang dan sentuh seluruh bagian badan musang, proses ke-5 : mandikan musang bisa dgn di semprot atau di guyur di dalam kandang. proses nya kembali ke ulangi urutan proses ke 4. proses ke 6 : kalau musang sudah lelah, taruhlah musang di pundak kita, untuk hindari luka gigitan di kuping pakai kupluk di kepala yg menutupi kuping, kalau yakin sudah tidak mengggigit tidak pakai tidak masalah...lakukan proses ke 4-5-6 stiap hari dalam 1-2 jam.. mudah2an tingkat kejinakan lebih cepat, selebihnya adalah kesabaran kita dan waktu dalam menanganinya, jangan lupa wajib handfeed setiap harinya....semoga berhasil dan sukses...



C. Post by Hendy Widjaja

dulu pertama kali saya piara dan suka musang gara2 dapet anakan musang liar sekitar rumah yg ditinggal induknya.....galak banget......saya taruh kandang......hissing terus......tangan klu saya lapis kain lap, pasti digigit kainnya....klu tangan masukin makanan pasti maunya nyerang mulu.......ya dah saya biarin saja, cuma klu malam, depan kandangnya saya taruh bangku kecil.....jadi tiap malam saya duduk nongkrong depan kandangnya, jari tangan nempel ke kandang dari luar.....1 minggu doi selalu berusaha serang jari.....tapi gak kena mulu.......minggu berikutnya, saya buka pintu kandang, tangan saya nongkrong depan pintu kandang.......musang juga serang mulu....setelah beberapa malam agak berkurang intensitas serangan, tangan mulai masuk ke kandang.......klu musang gak liat tangan, lsg saya colek badannya......hampir 2 minggu saya begituin.....lama2 dia terbiasa......bahkan klu tangan masukin makanan, dia lsg nyamperin, tidak nyerang.....saat makan, saya sering colek setengah elus....lama2 terbiasa dgn tangan saya.....malah kadang naik ke tangan saya……kadang klu malam saya makan buah, saya nongkrong di depan kandangnya......saya potekin buahnya, saya deketin ke kandang.....pertama musang gak mau nyamperin......lama2 nyamperin krn msh diluar kandang, dia gak bisa gigit buah dan tangan.....saya masukin tangan ke kandang, sambil pegang buah.....lama2 mau nyamperin.....beberapa hari kemudian, musang dah mau nangkring di tangan



D. Post by Egiie Zaenal Mutaqqin

kalo mau jinakin musang liar, yang pertama dilihat dulu umur nya.. misalkan dapet yang dewas, penanganannya beda .. dengan cara seperti : sering memandikannya ( karna dapat mengurangi insting keliarannya kalo gak salah), bertatapan langsung saat memberinya makan ( karna membuat musang mengingat kita yang memberi makannya ), setelah beberapa lama coba memberi dia makan dengan cara handfeed ( memberi makan langsung menggunakan tangan kita/menyuapinya ), sesering mungkin luangkan waktu buat berinteraksi dengan si musang ( mengajak nya bicara/ bertatapan langsung ), lalu coba perlahan belai si musang dengan menggunakan sarung tangan ( supaya kita lebih aman ) .. buat dia senyaman mungkin saat berada sama kita .. kunci nya sabar, jangan berharap instan kalo liar langsung jinak



E. Post by Ode Lita

saat baca keluhan ttg musang2 yg msh blm jinak n mgi2t smpe berdarah2,jd inget wkt 'menaklukan' BOBO. dulu,tangan kanan pegang ekornya,tngn kiri coba elus blkng kpl-nya. saat dy mw gi2t,cpt2 kusodorin ekornya kemulutnya. dah pst dy kesakitan. sll sprt itu slm bbrp hari. akhirnya dy kapok,dielus,digendong,dimandiin,dy diem aja. smpe hari ini. msh suka gi2t tp gk prnh keras,hny sbg tanda laper atw ngajak maen.



F. Post by Kribonya MLI

versi saya : keluarin musang dari kandang kalo gigi harus pangkur pangkur aja dulu untuk keselamatan kalo udah di keluarin angkat dan gendong, kita harus pada posisi nyaman sambil duduk kalo bisa jangan lupa kenakan jaket dan celana panjang dan 1 lagi glove sambil di elus2 kalo udah nyaman coba lepas sarung tanganya elus kepala sampai dia nyaman dan ga berontak kalo dia gigit kasih kepalan tangan terus sampai berhari2 insya allah cepat jinak yang penting kasih sayang dan keberania



G. Post By LuckyYoga Adhiyana

kayaknya ini gejala yang sama kayak yang saya alami dulu waktu pertama kali beli . kalo mau akrab sama tu musang , pas didalem kandang jangan posisi.in tangan kita didepan wajahnya dia , itu artinya kita mau ngasih makan atau kita nantang . kalo masih didalam kandang coba tangan langsung cepet masuk nyentuh punggungnya sambil di elus2 . kalo dia balikin kepala mau gigit , dihindari aja , trus dielus2 lagi . dibiasain gitu . trus kalo masih kayak gitu jangan nyediain makanan didalem kandang . sediain pisang/pepaya , di.iris segede ukuran mulut musang . trus disuapin satu2 . kalo pertama nyuapin biasanya ngambil makanannya nyamber , biasanya juga kena jari , tapi gpp , dibiasain aja yang sering , pasti bentar aja dia langsung tau .

kalo mau gendong dari dalem kandang tuh g bisa langsung dicomot badan atau ekornya , pasti dia langsung pegangan kenceng , itu juga bisa bikin stres . harusnya tuh tangan kita masuk ke antara kaki depan trus langsung sampe ke antara paha belakang , nanti dia pasti lepas pegangan kekandan trus langsung meluk tangan kita . kalo udah gitu , tinggal dikeluarin . kalo pas mau dikeluarin masih loncat atonyari pegangan lagi , ya tinggal dibiasain cara itu .

ngurangin kagetannya sering2 aja hansfeed , sama digendongin.

 semoga dengan cara-cara diatas dapat membantu teman-teman untuk lebih dekat lagi dengan musang, karena dengan jinaknya musang kita dapat bermain bersamanya.

32 komentar:

  1. bro kok musang saya sering kencing, sma eeq semabarangan ya, knp ?
    kalo ada yang tau cara njinakin musang umur 2 bulan, biar bsa diajak main sma dibawa kemana" tolong hub 081804555798 atau pin bb :22B8AB97

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf nih mas Achmad, baru bales. sering kencingnya itu gimana ya. mungkin musangnya stress jadi dia kencing. biasanya musang jika stress itu akan kencing.
      untuk menjinakkan musang umur 2 bln mungkin sering melakukan hand feed (memberi makan) musang langsung dari tangan kita. tapi umur 2 bulan ini masih senang bermain.

      Hapus
  2. gmn caranya ngeluarin musang umur 1th dr tempat gelap, semisal kolong meja atau appun yang sempit sedangkan si musangnya itu hising terus kalau dideketin, bahkan nge gigit smpe berdarah,.,.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake sarung tangan biar tidak tergigit langsung ke tangan, trus pegang buntutnya ditarik aja pelan2. semoga membantu

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. kalo ngasih makan nya pake nasi sama ikan itu ngaruh ga mas sama proses penjinakan musang nya, soal nya kalo di kasih makan yang lain gak mau mau tenan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh aja mas kasih makan pake ikan, tapi hati2 dengan durinya. klo mau coba menu yang lain, dipuasakan dulu musangnya, tapi sebelumnya diberikan curcuma plus sebagai vitamin biar nafsu makannya bertambah.

      Hapus
  5. akang" mau tanya, saya baru punya musang umur sekitar 3 bulan dari temen saya.. sebelumnya temen saya yang pelihara mulai kecil.. waktu dibawa ke rumah musang'ny jadi galak, didekatin sedikit mau gigit.. minta saran'ny kang buat jinak'n.. sorry masih newbie soal'nya..
    hhe

    BalasHapus
  6. malem kang ,saya baru dapat musang dari teman .sama dia sudah jinak dan akrab ,tp sdh dibawa sama saya m,m,alah jd galak dan gigit ,makannya jg kurang .itu kenapa dan cara buat ngejinakin ?, terimakasih kang


    BalasHapus
    Balasan
    1. masih adaptasi sama lingkungan baru, sering dihandfeed atau disuapi makannya, trus sering2 diajak maen aja. lama2 juga tau owner barunya.

      Hapus
  7. gan, musang ane kalo setiap mau dihandfeed kok ngegigit ya ?? padahal kalo dielus2 badannya sih anteng dianya.. setiap mau digendong dia malah mau gigit.. itu kenapa ya?? karena ane megangnya pakai gloves atau gimana??? mohon pencerahannya *sorry newbie :)

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. misi gan, ane baru dapet musapan nih, kayanya umur 2 bulanan, d gigit sm dy blm sakit..
    klo d deketin hising trs..
    sama bau bener tu muspan, biar ga bau gmn ya? apa boleh d mandiin umur segitu?

    BalasHapus
  11. halo agan2 pecinta musang.....
    ane baru dapet anak musang, dia masih galak n susah makan. ane minta sarannya donk gmana caranya supaya dia mau makan n g mati kelaparan.

    BalasHapus
  12. @Romi Agung: boleh dimandikan, kalau bisa dengan air hangat dulu ya, trus disampoin biar wangi

    @AhmadHiThanzsa: coba di kasih multivitamin seperti curcuma plus, minyak ikan, dosisnya 1/2 sendok teh.

    BalasHapus
  13. saya punya musang waktu baru beli dia nurut banget, habis itu saya masukkan ke kandang. Besoknya waktu mau ajak dia main, dia jadi galak dan agresif. kok bisa ya sifatnya berubah hanya dalam semalam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kyk musbul ane :( di sellernya jinak.. dirumah besoknya galak

      Hapus
  14. Gan mau nanya nih, muspan saya udah di mandiin tiap hari dan handsfeed selama 3 minggu, tapi ko ga jinak jinak ya malah hising terus? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  15. bisa ikut komunitasnya ga???, cara ikut komunitasnya gimana?

    BalasHapus
  16. hai mas tirta, saya mw nanya dn mnta sedikit ilmunya..
    saya punya musang usia 4 bulanan dh,sya beli umur sgitu awalnya galak bgt tpi skrng udah aga lumayan,udh ! bulan musangnya drumah saya,yg sya mw tnya apa bisa musang umur sgtu nurut dn ngerti msalahnya klo digendong msih kabur2n mas dn gmna cranya biar anteng dn mw di ajak jalan2..
    trimakasih..

    BalasHapus
  17. Ane mau nanya bro n sis . Ane masih newbie . Butuh pengetahuan dari bro n sis ..
    Bayarin musang punya tmen ane umurnya 3 bulan keatas ..
    Di pack pakai . Kaleng lem . Atau kaleng yg biasa di pakai tukang tahu keliling ..
    Nah pas ane mau ambil . Pakai gloves ngegigit , pas di rumah ane masukin kandang lipat ..
    Di pegang buntut . Sama di elus" juga diem . Tapi kalau di pegang badannya . Ya gtu mau gigit .. apakah dia stres selama dalam perjalanan di bus . Dan juga belum beradaptasi dg lingkungan. Sama ownernya yg baru ????

    Tolong dong bro n sis . Kasih saran biar jinak .kluar kandang . N bisa di gendong ..
    Feelling ane si bisa jinakin .. ya tapi butuh masukan juga . Biar lebih ngerti :D ??

    BalasHapus
  18. gan ,, mau tanya nih..
    baru pertama kali beli musang,, emang pertamanya saya pegang , gendong , dan di elus2..
    terus saya masukin ke kandang ,, beberapa hari kemudian ,, berhubungan saya lagi sakit saya tidak memegang musang itu beberapa hari..tapi ,, setelah saya sembuh ,, saya cuman lihatin dia doang , dianya malah menggertak ,, kayak mau gigit gitu .. kenapa kok bisa gitu gan ,,? tolong di balas soalnya penting ..

    BalasHapus
  19. gan mau tanya nih gimana cara nya agar musbal saya bisa jinak

    BalasHapus
  20. bang kalau musang yang saya bli gak ada giginya karena di patahin orang ,ngasih makan apa gan

    BalasHapus
  21. Para dewa Musang. Ane punya Musang bulan dewasa umur 1 thn up. Tp karakter nya suka gigit2. Taring nya tajem2 bener, sampe2 tangan ane berdarah mulu digigitin. Bisa gak sih ujung2 taring nya yg tajem2 itu ditumpulin. Dan klo ada yg bisa di mana ya ane bisa contact yg di daerah depok dan cibubur? Mohon bantuan nya. Klo ada contact nya gan.
    Contact ane :
    PIN : 768A875F
    No HP : 082111441945.
    Makasih para suhu.

    BalasHapus
  22. mas mau nanyak kalau musang pinda majikan atau pinda kandang berapa hari musang bisa beradaptasi krn ane baru bli musang tmn ane tp ko nyampe rumah engga mau mkn hnya minum aj tu knp ya apa dia bs kmbli normal lagi sprt sediakala mau mkn tolong bri penjelasan nya trm ksh ats wkt nya jika para senior tau tlng ksh jwbn k no in 083831228803 yono sol nya ane jarang onlen

    BalasHapus
  23. gan klo nya digigit musang rabies gimana? , mohon bantuan nya gan, saya msh rada2 taku mau ngejinakin muspan saya, dia masih hissing dan suka gigit, gimana jinakin nya agan2,, mohon bantuan nya!! sekian terima kasih!!

    BalasHapus
  24. Numpang mau tanya.... musang saya tadinya udh jinak total... cuma saya sakit 2hari ga ketemu dia... terus kok pas saya lepas dia gak ngikutin saya lagi... terus pas digendong dia maunya turun terus... padahal biasanya kalo saya gendong dia kalo dia ngantuk dia tidur ditangan saya...kenapa yaa bisa begitu... mohon infonya yaa....

    BalasHapus
  25. Numpang mau tanya.... musang saya tadinya udh jinak total... cuma saya sakit 2hari ga ketemu dia... terus kok pas saya lepas dia gak ngikutin saya lagi... terus pas digendong dia maunya turun terus... padahal biasanya kalo saya gendong dia kalo dia ngantuk dia tidur ditangan saya...kenapa yaa bisa begitu... mohon infonya yaa....

    Kontak saya:
    No.hp: 085717074237
    Pin.BBM: 7D591A5C

    BalasHapus