Labels

Friday 1 November 2013

Berbagai Cara Mengawinkan Musang

Dear Teman-teman Musang Lover, kali ini saya akan memberikan tips untuk mengawinkan musang.

Syarat-syaratnya adalah:
1. Musang sudah cukup umur untuk dikawinkan, umur yang ideal adalah usia 1tahun sampai 2tahun
2. Diusahakan bila musang tsb jinak maka harus di satukan dgn yg jinak pula, (liarpun bisa cuma mengurangi resiko cidera saat kawin )

Ciri-cirinya jika sudah siap kawin adalah:
1. Musang betina biasanya di tandai dgn adanya cairan yg keluar mengental dan agak bening,dan kelamin memerah/membesar, ditandai agak sensitif (bersuara,gelisah, kurang napsu makan *biasanya sih )
2. Musang jantan ditandai keluarnya penis,dan sering membasahi/menjilati penis, sensitif, agak susah makan (dlm porsi sdikit / kadang masih mau makan ), galau, suka mengapit sesuatau seperti menunggangi boneka/kaki/tangan kita *meskipun jrg trjadi )



Apabila ingin berniat mengawinkan, siapkan kandang yg memadai, minim cukup buat sepasang musang, *adapun sibetina berada dlm kandang duluan, sebelum jantan dimasukan, ada juga yg langsung disatukan dlm 1 kandang langsung (tergantung kita ) perlu diingat biasanya,mengawinkan musang juga sedikit beresiko, biasanya musang saling gigit, dan cakar, dan sibetina biasanya yg lebih aktif,ada suatu kasus yg betinanya malah membunuh si jantan/melukai si jantan. #ada yg setelah mereka dikandang berdua saat disatukan akan dipisah saat pagiharinya,agar tidak kecapean,dan ada juga yg seharian bahkan bulanan dlm 1 kandang (breeding cages). # ada juga yg dari kecilnya si musang ini sudah dimiliki sepasang,tetapi dlm waktu 1,5th belum ada pembuahan,disaat usia 2th mereka tanpa disengaja melahirkan anaknya dlm kandang,jadi perkawinan tdk disengajapun kadang terjadi tanpa kita sadari (pengalaman dulu).
sebaiknya tdk menggangu pada saat mereka kawin (kalian mau diganggu pas kawin :D ) ada juga yg menyatukan: 1 jantan dan 2 betina dlm 1 kandang besar,memang tdk bisa diprediksi saat mengawinkan musang jadi tidaknya pembuahan, ada yg cepat adapula yg lama/tdk terjadi...
selalu sediakan minuman yg bersih,dan pakan yg layak di dlm kandang.kebersihan kandangpun harus terjaga. Sebagai salah satu contoh lg : musbul betina saya,birahi hampir stiap 1bulan sekali.. 
berikan kenyamanan bagi kedua musang tsb..usahakan setiap jenis musang dikawinkan dgn sejenisnya ( musbul x musbul,muspan x muspan dan seterusnya ) 
perkawinan musang kadang dilakukan di atas pohon,kadang di bawah,kadang juga ditempat2 seperti lubang/semak2 tertutup bercelah..
Dialam liar si jantan mengeluarkan bau yg tajam,agar menarik perhatian si betina,dan betina yg sudah siap birahi biasanya juga mengeluarkan bau dari kelaminya...dan apabila di tempat kita sebagai pet, ada bebreapa tingkah musang saat kawin/mau kawin contohnya: musang betina menyodorkan pantatnya ke arah si jantan,mundur2 sambil kaki belakang di hentakan pelan, adapula yg si betina terdiam siap menerima serangan si jantan, terkadang sibetina melawan (pura pura galau,jgn dipercaya padahal malu2 mau ) ada juga yang si jantan pura2 santai,saat si betina lg mupeng, tetapi ketika si betina lelah,sijantan langsung menungganginya, dan masih banyak lainnya dari cara dan cerita mengawinkan musang # 

sumber : pengalaman,observasi,cerita diperternakan kopiluwak, n cerita teman2 yg lain n ilmu ilmiah yg saya baca oke deh smoga sdikit membantu,hanya skedar sharing dr saya lg di dokumen mli # BOIM MLI

12 comments:

  1. Saya sudah 2 bulan membeli musang betina. Dn saya dekatkan kandang nya slma 2 bln. Setiao saya manyatujan dlm satu kandang. Kedua musang ini selalu berkelahi hingga berdarah. Dan yg parah ny lg musanv betina lebih kasaf n mmbuat musang jantan takut

    Bagaimana cara agar musang ini bsa kawin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya ku juga kayak gitu, hehe... mungkin butuh cinlok dulu. Baru bisa kawin

      Delete
  2. aduuh musangku juga begitu tapi sekarang keduanya sudah mati karena saling berkelahi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum disatukan dalam kandang, coba disandingkan dengan kandang lain (bersebelahan) untuk melihat tingkat kedekatannya, kalau berantem pasti, tapi kita juga harus memantau perkembangannya agar tidak saling membunuh.

      Delete
  3. Kalo musang betina umur 1thun dan si jantan umur 7bulan.. Itu gapapa dikawinkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa usia jantan lebih tua dari betinanya.

      Delete
    2. Musang ku jg berantem terus sampai ekor nya putus,gimana cara agar musangku mau kawin padahal usianya sudah 1 thnan?

      Delete
    3. Musang ku jg berantem terus sampai ekor nya putus,gimana cara agar musangku mau kawin padahal usianya sudah 1 thnan?

      Delete
    4. berarti itu ga cocok gan, coba di cari musang yang lainnya, sama saja seperti kita, klo ga cocok psti berantem gan

      Delete
  4. Saya punya muspan jantan yang sedang birahi 9 bulan dulu jinak sekarang agak agresif gimana ya untuk mengatasinya agar jinak seperti dulu? Sementara waktu ini saya juga usahakan untuk mencari pasangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering dihandle atau sering diajak interaksi, untuk menghilangkan agresifnya, ajarkan agar bisa nurut dan patuh terhadap majikannya, musang saya alhamdulillah tidak agresif walaupun sedang birahi.

      Delete
  5. Kalau musang saya udah kaein berkali2 tapi kok brlum ada tanda2 hamil ya.

    ReplyDelete